Kekuasaan dan Perbuatan Allah

Standar

Sebagai Tuhan yang mencipta dan menyempurnakan ciptaan-Nya, ia tentulah berkuasa pula kepada ciptaan-Nya itu. Ibarat seseorang yang membuat sebuah mesin, tentulah ia dapat mengetahui kekuatan mesin itu, bagaimana menghidupkannya, dan mematikannya, dan apa kelemahan dan kekuatannya.

Demikian juga Tuhan, ia yang mencipta sesuatu, maka ia pun mengetahui subtansi dari ciptaan itu. Ia mengetahui kekuatan dan kelemahannya. Kalau benda yang diciptakannya itu hidup, ia pun tahu, kapan ia hidup dan mati. Allah berkuasa karena ia berilmu, memiliki kekuatan, dan mempunyai kemampuan. Adalah tidak masuk akal jika seorang yang telah membuat mesin, tetapi ia tidak tahu menahu seluk-beluk mesin itu dan tidak mampu mematikan dan menghidupkannya.

Sebagaimana telah dikemukakan diatas bahwa perbuatan Allah yang meliputi penciptaan, pengembangan dan pemeliharaan, dilakukan-Nya untuk kepentingan manusia dan makhluk lainnya. Kita mengambil contoh, ketika bumi ini diciptakan belum dapat dihuni manusia. Menurut para ahli, dibutuhkan waktu ratusan sampai ribuan tahun sebagai masa proses bumi yang mendidih menjadi tanah yang layak dihuni. Tumbuh-tumbuhan, kemudian hewan dan selanjutnya, manusia diciptakan untuk menempati bumi. Allah selalu memperlihatkan ciptaan-Nya dengan tahap-tahapan. Cobalah perhatikan bagaimana manusia diciptakan: adam diciptakan dari tanah.

Allah berfirman dalamsuratAli Imran (3):59;

59.  Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, Kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), Maka jadilah Dia.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s