Sifat Allah

Standar

Zat Allah jelas tidak dapat kita tangkap dengan indera. Akan tetapi Al-qur’an memberikan informasi tentang adanya Tuhan dengan sifat-sifatNya yang sempurna.  Dari ayat-ayat bertebaran di dalam Al-qur’an disimpulkan bahwa ada sekitar 99 nama Tuhan yang mulia (Al-Asma’ Al Husna) yang menggambarkan sifatNya Yang Sempurna.

Memperhatikan sifat-sifat Tuhan itu semua dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya Tuhan memiliki berbagai sifat yang tidak ada bandingan-Nya. Sebagai Tuhan, dia tidak bekerjasama dengan makhlukNya. Dia menciptakan karena itu semua makhluk hanya tunduk dan patuh kepada yang diciptakan-Nya tak mungkin setara dengan Dia, Yang Maha Pencipta. Dia berkuasa, berilmu dan bertindak apa saja yang dia Kehendaki.

Menyemah hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah ajaran inti agama (Islam). Sikap Tauhid adalah meyakini dan mempercayai bahwa Allah Esa Zat-Nya, sifat-Nya, Perbuatan-Nya, Wujud-Nya. Dia juga Esa memberi Hukum, Esa menerima Ibadah, dan Esa dalam memberikan Perlindungan kepada Makhluk-Nya. Kepercayaan dan amal-amal ibadah akan menjadi rusak bila sikap tauhid (akidah) labil dan lemah.

Menurut Quraish Shihab, Ulama Tafsir, bahwa Keesaan Allah itu Mencakup :

  1. Keesaan Zat,
  2. Keesaan Sifat,
  3. Keesaan Perbuatan, dan
  4. Keesaan dalam beribadah kepada-Nya.

Keesaan Zat-Nya

Keesaan Zat-Nya mengandung pengertian bahwa seseorang harus percaya bahwa Allah tidak terdiri dari unsure-unsur atau bagian-bagian, karena jika zat yang maha kuasa terdiri dari unsure-unsur atau lebih, maka itu berarti dia membutuhkan unsure atau bagian itu. Sedangkan semua unsure yang ada, dia tidak membutuhkannya.

15.  Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah dialah yang Maha Kaya (Tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.

11.  (dia) Pencipta langit dan bumi. dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan Melihat.

Keesaan Sifat-Nya

Adapun Keesaan Sifat-Nya antara lain berarti bahwa Allah memiliki sifat yang tidak sama dalam subtansi (isi) dan kapasitasnya dengan sifat makhluk, walaupun dari segi bahasa, kata yang digunakan untuk menunjukkan sifat tersebut sama. Sebagai contoh, kata rahim  merupakan sifat bagi Allah, tetapi juga digunkan untuk menunjukkan rahmat atas kasih saying Allah berbeda dengan rahmat makhluk-Nya.

180.  Hanya milik Allah asmaa-ul husna[585], Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya[586]. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan.

Keesaan Perbuatan-Nya

Keesaan ini mengandung arti bahwa segala sesuatu yang berada di alam raya ini, baik system kerjanya maupun sebab dan wujudnya, kesempurnaannya adalah hasil perbuatan Allah semata. Apa yang dikehendaki-Nya tidak akan terjadi, tidak ada daya (untuk memperoleh manfaat), tidak pula kekuatan (untuk menolak moderat) kecuali bersumber dari Allah SWT.

83.  Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

59.  Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, Kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), Maka jadilah Dia.

Keesaan dalam beribadah kepada-Nya

Kalau ketiga Keesaan diatas hal-hal yang harus diketahui dan diyakini, maka Keesaan keempat ini merupakan perwujudan dari ketiga makna Keesaan terdahulu.

Ibadah itu beraneka ragam dan bertingkat-tingkat, salah satu ragamnya yang makin jelas adalah amalan tertentu yang ditetapkan cara atau kadarnya langsung oleh Allah atau melalui Rasul-Nya, dikenal dengan Istilah Ibadah mahdhah. Sedangkan ibadah dalam pengertiannya yang umum mencakup segala macam aktivitas yang dilakukan karena Allah.

162.  Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s