Pancasila Sebagai Pandangan hidup

Standar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di jaman yang penuh dengan persaingan ini makna Pancasila seolah-olah terlupakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal sejarah perumusannya melalui proses yang sangat panjang oleh para pendiri negara ini. Pengorbanan tersebut akan sia-sia apabila kita tidak menjalankan amanat para pendiri negara yaitu pancasila yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-4.

PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP – Welcome to my Personal Blog by isomwebs There are many topics about Indonesia like indonesia tourism, tourist attractions, art dan culture of indonesia, cheap hotels, indonesian news and entertainment, top celebrities, automotive, education, healthy, etc. All topics on here such as PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP just for personal notes by blog author and this topic is about  PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP.

Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan karena setiap sila dalam pancasila mengandung empat sila lainnya dan kedudukan dari masing-masing sila tersebut tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. Hal ini sesuai dengan susunan sila yang bersifat sistematis-hierarkis, yang berarti bahwa kelima sila pancasila itu menunjukkan suatu rangkaian urutan-urutan yang bertingkat-tingkat, dimana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak dapat dipindahkan.
Bagi bangsa Indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Kedua pengertian tersebut sudah selayaknya kita fahami akan hakikatnya. Selain dari pengertian tersebut, pancasila memiliki beberapa sebutan berbeda, seperti :
1) Pancasila sebagai jiwa bangsa, 2) Pancasila sebagai kepribadian bangsa, 3) Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum,………..dll. Walaupun begitu, banyaknya sebutan untuk Pancasila bukanlah merupakan suatu kesalahan atau pelanggaran melainkan dapat dijadikan sebagai suatu kekayaan akan makna dari Pancasila bagi bangsa Indonesia. Karena hal yang terpenting adalah perbedaan penyebutan itu tidak mengaburkan hakikat pancasila yang sesungguhnya yaitu sebagai dasar negara. Tetapi pengertian pancasila tidak dapat ditafsirkan oleh sembarang orang karena akan dapat mengaturkan maknanya dan pada akhirnya merongrong dasar negara, seperti yang pernah terjadi di masa lalu.
Untuk itu kita sebagai generasi penerus, sudah merupakan kewajiban bersama untuk senantiasa menjaga kelestarian nilai – nilai pancasila sehingga apa yang pernah terjadi di masa lalu tidak akan teredam di masa yang akan datang.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Hakikat pancasila sebagai pandangan hidup.
2. Hakikat pancasila sebagai dasar negara.
3. Upaya – upaya dalam menjaga nilai – nilai luhur pancasila.

1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan makalah dengan judul “Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara” ini memiliki tujuan :
1. Mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia khususnya pembaca akan pentingnya makna pancasila.
2. Menanamkan rasa cinta terhadap bangsa dengan melestarikan nilai – nilai pancasila sehingga tidak pernah lekang oleh jaman.

1.4 Manfaat Penulisan
v Bagi Mahasiswa
Sebagai pedoman dan panduan dalam memahami arti penting pancasila.
v Bagi Dosen
Penulisan makalah ini dapat dijadikan tolok ukur pemahaman mahasiswa terhadap hakikat pancasila dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.
v Bagi Pembaca
Meningkatnya kesadaran pembaca terhadap pentingnya makna pancasila sehingga mampu menjaga nilai – nilai tersebut secara utuh.

Published by: CHOPY PASTE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s